Sejarah Program Kesetaraan Bunga Kantil PKBM Martarubi

Dilandasi niat ingin membantu meringankan kesulitan siswa-siswi sekolah dasar dan menengah di Kecamatan Banjarsari, maka pada tanggal 1 Maret 2015 dibuka suatu lembaga nonformal yang bertajuk “bimbingan belajar Bunga Kantil”.

Seiring dengan waktu dan perkembangannya usaha ini maka atas inisiatif Dinas Pendidikan Kota Surakarta dibentuklah suatu lembaga yang dapat malayani kebutuhan masyarakat putus sekolah, khususnya masyarakat ekonomi menengah kebawah agar dapat melanjutkan pendidikannya dijenjang yang lebih tinggi. Maka pada tanggal 2 Mei 2016 bimbingan belajar Bunga Kantil berganti nama menjadi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM ) Martarubi dengan izin operasional Dinas Pendidikan Kota Surakarta nomor 1770/891.3/Diknas/2016. Selanjutnya untuk memperkuat legalitas lembaga ini maka PKBM Martarubi berada dibawah naungan Yayasan Martarubi dengan surat keputusan bernomor 55.7/S/YMPH-SKA/V/2016.

Program bimbingan karir pelatihan menjahit, otomotif, fotografi, dan tata boga merupakan program unggulan yang dilaksanakan PKBM Martarubi disamping program-program lain yang juga bergerak dalam hal Pendidikan, yakni program (Paket A, B, dan C).